PSB MTsN I Malang Tak Transparan

Senin, 16 Mei 2011 - 10:16 WIB • Dibaca 9,333 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Penerimaan siswa baru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) I Malang diduga tidak transparan. Selain pengumumannya tak disampaikan secara terbuka, sekitar 10 siswa yang mendaftar melalui jalur unggulan yang layak diterima 'dibantai' komite sekolah, meski grade hasil ujian seleksi mereka di atas grade PSB tahun sebelumnya.

Sebanyak 10 siswa ini sudah diperjuangkan, namun ditolak komite sekolah, April lalu. Saat itu, ada sekitar 10 siswa yang grade hasil ujiannya 75, yang berarti di atas tahun sebelumnya 71.

Baca Juga

Sempat terjadi tarik ulur terkait pelolosan 10 anak ini. Komite sekolah beralasan pelolosan 10 anak ini akan mengurangi kuota PSB reguler yang direncanakan 100 anak, sehingga disarankan untuk digugurkan. Jumlah pendaftar jalur unggulan ini sebanyak 152 anak, dan akhirnya yang diterima 124 anak.

Ironisnya, ketika PSB jalur reguler digelar dan diumumkan pada Sabtu (14/5), siswa yang diterima membengkak dari 100 anak, yakni bertambah satu kelas. Hal ini dipertanyakan para wali murid yang anaknya gagal masuk.

“Kok ada yang tidak diloloskan hanya untuk penggelembungan di jalur reguler," ujar wali murid yang enggan namanya dituliskan.

Sesuai Tes

Kepala MTsN I Malang, Drs Binti Maqsudah, menyatakan ketidaklulusan calon siswa baru pada jalur unggulan, bukan semata keputusan yang ditentukan panitia PSB, tapi juga ditentukan calon siswa sendiri.

“Selain calon siswa harus memiliki nilai standar minimal 7,8, melewati psikotes dan tes kemampuan akademik dengan hasil maksimal, serta memiliki nilai rapor MI/MIN/SD yang bagus," tandasnya, Sabtu (14/5).

Menurutnya, calon siswa yang memiliki kriteria sesuai di atas bisa lolos masuk lewat jalur unggulan. Namun, jika hasil dari rangkaian prosedur penerimaan jalur unggulan, seorang siswa tidak memenuhi standar, ia diizinkan mengikuti jalur lain yaitu reguler.

Staf Komite MTsN I Malang, Dyah Sawitri, menambahkan penentu kelulusan siswa jalur unggulan adalah hasil tes siswa sendiri.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : surya
  • Dipublikasikan : mqh
  • Nama Kadarisman

    Ok memang mungkin tdk transparan! Tapi sy yakin seyakin-yakinnya insyaAllah banyak atau mungkin semua lulus murni! Karena anak sy daftar tanpa sy minta tolong kpd siapapun kecuali kpd Allah, Alhamdulillah anak sy lulus! Sementara sy dinas di Jakarta, sungguh tdk mgkn sy minta tlg kpd seseorang kecuali hanya kpdNya! Utk itu yakinlah bhw tdk ada kecurangan! Wassalam

  • Muhammad Nabil

    MTsN Malang 1 ini memang tidak transparan.Kenapa pengumuman penerimaan siswa baru ditulis didalam surat resmi.Pada pengumuman siswa baru pada umumnya ditulis di sebuah kertas dan ditempel di dinding sekolah serta mencantumkan nilai tes dan rata rata nilai yang diterima sebagai peserta didik baru.Jadi,saya nilai MTsN 1 ini tidak transparan.

  • sidikwitjaksono

    betul pak Nabil…MTsN1 tidak transparan dan tidak fair sebagai sekolah muslim dan berbasis agama seharusnya tidak bertindak curang dan berdalih sok benar dan membela diri gak usahlah peneriman siswa mencuri start duluan apalagi hasil seleksi pakai amplop tertutup segala.contohlah penerimaan ON LINE ..Apapun alasannya semua ini hanyalah Allah yg maha tahu , semoga panitia/kepala sekolah bisa mempertanggungjawabkan dihari kelak.

x close
mtsn 1 malang mtsn malang 1 psb mtsn 1 malang pendaftaran siswa baru mtsn malang 1 pendaftaran mtsn 1 malang PSB Mtsn Malang 1 ppdb mtsn 1 malang 2016 mtsn1 malang pendaftaran mtsn malang 1 mts negeri 1 malang unggulan pendaftaran mtsn 1 malang 2016 ppdb mtsn 1 malang pendaftaran mtsn 1 malang 2013 website mtsn 1 malang pengumuman MTsN 1 Malang psb malang raya pendaftaran siswa baru mtsn malang 1 2016 pengumuman penerimaan siswa baru mtsn malang 1 pengumuman psb mts negeri 1 malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs