Depkes Tak Ingin Pasar Tradisional Kumuh

Senin, 21 Februari 2011 - 13:40 WIB • Dibaca 464 kali

ILUSTRASI - Kumuh, begitulah kesan yang melekat pada pasar tradisional selama ini. Foto: fajar.co.id

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Departemen Kesehatan (Depkes) tak ingin pasar tradisional kumuh, jorok, dan berbau, sehingga akhirnya tergusur oleh pasar modern. Karena itu, Depkes berusaha memberi stimulan pada 10 pasar sehat percontohan di sembilan provinsi di Indonesia, termasuk pasar sehat Madyopuro, Kota Malang.

Baca Juga

“Stimulan ini hanya sebagai pendorong pemerintah daerah untuk mengembangkan pasar tradisional lain di wilayahnya menjadi pasar sehat," kata drh Wilfred H Purba, Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan saat launching radioland Mayyora di Pasar Madyopuro, Minggu (20/2).

Menurut Wilfred, jumlah pasar tradisional di Indonesia sebanyak 14.000. Sebanyak 60 persen kebutuhan pangan nasional didapat dari pasar tradisional. Pasar tradisional juga jadi tumpuan 12,5 juta penduduk Indonesia. Apabila 1 KK terdiri empat orang maka mereka yang menggantungkan hidup dari pasar tradisional ini sebanyak 50 juta jiwa.

Namun, kondisi pasar tradisional yang kumuh membuat pasar ini terancam ditinggal konsumen. Mereka memilih berbelanja di pasar-pasar modern yang lebih bersih. Karena itu, peran pemerintah daerah sangat diharapkan untuk mengubah pasar -pasar tradisional menjadi pasar sehat.

Diungkapkan Wilfred, pada 2011 ini Depkes akan mengucurkan stimulan bantuan dari Uni Eropa yang disalurkan lewat WHO bagi 10 pasar sehat di Indonesia masing-masing sebesar 25.000 dolar AS (sekitar Rp 250 juta). Bantuan stimulan ini dapat dimanfaatkan untuk perbaikan saluran, toilet, bak sampah, dan lainnya. “Pokoknya untuk kebersihan lingkungan dan ada pertanggungjawabannya," jelas Wilfred.

Peresmian radioland Mayyora oleh Ketua Penggerak PKK Kota Malang, Dra Hj Heri Puji Utami MAP, kemarin berlangsung meriah dengan hiburan musik campursari. Usai meresmikan dan menjadi penyiar, Heri Puji Utami didampingi Ketua Gugus Tugas Pasar Sehat Madyopuro, Drs H Agung Mustofa MM, blusukan mengunjungi para pedagang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : surya
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
pasar tradisional di malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs