50 Pelukis Terinspirasi Nasib Situs

Senin, 21 Februari 2011 - 13:37 WIB • Dibaca 304 kali

DIKAGUMI - Sodikin, salah satu anggota Asosiasi Pelukis Mulut dan Kaki yang berpusat di Swiss memeriahkan pembukaan pameran lukisan bertema Situs yang Terlupakan di anjungan Ken Arok Perpustakaan Umum Kota Malang, Minggu (20/2). Foto: surya

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Begitu banyak situs-situs budaya yang tersebar di Kota/Kabupaten Malang, tetapi jarang sekali orang memiliki kepedulian terhadap situs-situs itu. Prihatin dengan kondisi tersebut, Komunitas Seniman Malang Suko menggelar pameran lukisan bertema Situs yang Terlupakan di gedung Perpustakaan Kota Malang.

Baca Juga

Pameran lukisan yang dibuka pada Minggu (20/2) – Sabtu (26/2) itu, menampilkan 50 lukisan karya 50 pelukis.

“Setiap pelukis menyumbangkan satu lukisannya," tandas Sudibyo, guru Seni Budaya SMAN 1 Tumpang sekaligus Ketua Pelaksana Pameran, Minggu (20/2).

Pagelaran pameran itu, lanjut Sudibyo, sebagai ajang mewadahi seniman-seniman lukis yang belajar secara otodidak maupun para pelukis yang lahir dari kalangan akademisi. “Kami tidak membeda-bedakan," kata Sudibyo.

Mengenai tema pameran, ternyata terinspirasi dengan arsitek-arsitek bangunan kuno yang sebagian besar berupa candi. Candi-candi yang tersebar di Kota Malang dan sekitarnya, terang Sudibyo, merupakan hasil kreasi ilmuwan lampau yang patut mendapatkan apresiasi oleh generasi zaman sekarang.

Di antara lukisan-lukisan berobjekkan bangunan kuno, ada lukisan berjudul Angon Bebek (menggembala bebek) milik pelukis Sodikin. Menurut Sodikin, angon bebek pun merupakan situs yang terlupakan. Sebab, di era serba modern ini, jarang sekali ditemukan aktivitas menggembala bebek. “Angon bebek juga harus dilestarikan dan diapresiasi," kata pelukis yang tidak memiliki dua lengan ini.

Di acara pembukaan pameran itu pula, Sodikin menunjukkan kebolehannya menggurat kanvas menggunakan kakinya. Tentu saja hal ini mengundang decak kagum para pengunjung. Bahkan, karena kepiawaiannya ini, Sodikin kini tergabung dalam Asosiasi Pelukis Mulut dan Kaki yang berpusat di Swiss. “Dari asosiasi ini saya pernah diajak pameran lukisan di Prancis," papar Sodikin.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : surya
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
pelukis otodidak komunitas pelukis malang Nasib para pelukis Pelukis di kota malang pelukis malang berita malang raya berita kriminal remaja berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 batu town square harta karun majapahit daftar pemain arema keris luk 13 pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang pilkada malang 2013 pelacuran di malang sampah anorganik karoseri adi putro suporter terbanyak di indonesia arema penemuan benda pusaka kerajaan singosari Berita kriminal pemerkosaan this is arema arema 2011-2012 nexian pad pengolahan limbah sampah limbah sampah meteor cell malang cross ad 305 sendang kamulyan daun emas ahmad bustomi nexian PAD G311 diknas malang tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs