Pengamat: Di Indonesia, Ahmadiyah ‘Salah Kostum’

Selasa, 15 Februari 2011 - 18:46 WIB • Dibaca 76 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof Dr Masud Said menilai keberadaan Ahmadiyah di Indonesia “salah kostum" karena tidak sesuai dengan kondisi maupun situasi di negeri ini.

“Kalau kita telusuri, akar Ahmadiyah ini berasal dari Pakistan yang dibentuk oleh Inggris dengan tujuan untuk memecah belah umat Islam di sana (Pakistan). Kalau Ahmadiyah ini dikembangkan di Indonesia, itu namanya “salah kostum"," tegas Masud Said yang juga guru besar Ilmu pemerintahan UMM tersebut, Selasa (15/2/2011).

Baca Juga

Masud secara tegas juga menyatakan, ditinjau dari perspekstif keyakinan sebagai Agama Islam, Ahmadiyah sudah jelas salah dan bisa dianggap sebagai penodaan agama (dalam persepsi Islam). Dan, lanjutnya, sebaiknya Ahmadiyah keluar dari Islam serta tidak menjadi bagian dari Islam.

Namun, lanjut Masud, jika ditinjau (dikaji) dari persepsi multikultural, seperti halnya Konghuchu, Ahmadiyah juga harus diakui. “Tetapi, yang namanya agama kan tidak bisa dicampur adukkan seperti itu," tegasnya.

Kalau mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, tegas Masud, sebaiknya Ahmadiyah di Indonesia ini membubarkan diri. Namun, keputusan itu juga tetap tergantung pada pemimpin Ahmadiyah itu sendiri.

Sebenarnya, katanya, penyelesaian persoalan atau penuntasan masalah keberadaan Ahmadiyah di Indonesia itu bisa dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau Kementerian Agama.

Namun, tegas Masud, akan lebih baik kalau pimpinan Ahmadiyah sendiri yang secara sadar membubarkan diri karena keberadaannya di Indonesia sudah “salah kostum" dan tidak layak, bahkan tidak sesuai untuk dikembangkan di Tanah Air ini.

“Dari perspektif ajaran agama Islam saja sudah tidak sesuai, karena Islam meyakini bahwa Nabi yang terakhir adalah Nabi Muhammad SAW dan tidak akan ada lagi nabi setelah Muhammad," tegas dosen FISIP UMM yang aktif di organisasi NU tersebut.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : Surya
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs